Senin, 01 Februari 2016

Keindahan Alam sumatera Air Terjun Lemutu

kabupaten muara enem kec.Tanjung Agung Desa Tanjung Bulan.




Air terjun curup lemutu yang berlokasi di Desa Tanjung Bulan, Kecamatan Tanjung Agung akan menjadi andalan baru utuk wisata, setelah air terjun bedegung. Keunikan air terjun yang bertingkat tiga ini, menjadi kehasan tersendiri dibandingkan air terjun lainnya, karena airnya yang bercang dua dan berbentuk seperti love.

Jika, air terjun lemutu ini dikelolah serta dikembangkan dengan baik, dipastikan banyak wisatawan yang akan berkunjung ke Kabupaten Muara Enim.

Namun, saat ini, akses menuju lokasi masih terkendala sarana-prasarana jalan yang belum memadai. Selain itu, fasilitas-fasilitas  di kawasan tersebut harus dibangun sehingga kawasan air terjun dapat lebih refrensentatif.
.
Untuk itu, perhatian dari Pemerintah Provinsi Sumsel dan Pemkab Muara Enim untuk saling bersinergi agar air terjun curup lemutu menjadi indah dan nyaman dikunjungi.

Potensi objek wisata ini tentunya dapat menopang PAD dari sektor pariwisata. Mengingat, Kabupaten Muara Enim kaya akan objek wisata air terjun.

Pemerintah setempat, yaitu Camat Tanjung Agung, Drs Rahmat Noviar MSi mengakui, sarana dan prasarana yang disediakan bagi pengunjung memang masih belum memadai. Dia menyebutkan,  akses jalan menuju Curup Lemutu masih belum memadai dan perlu dibuat permanen. Selain itu,  pengelolaan Curup Lemutu ini masih dilakukan secara swadaya oleh pemerintah Desa dan masyarakat.

Untuk menjaga keasrian alamnya, dia meminta kepada pengunjung yang datang di Curup Lemutu, agar  menjaga kebersihan,”Pengunjung jangan membuang sampah di sekitar lokasi air terjun. Pemerintah setempat dibantu pemerintah Desa telah menyiapkan kantong-kantong sampah yang bisa digunakan untuk pengunjung,”terang Rahmat.

Mengenai keamanannya, Pemerintah Desa dan masyarakat yang mengelolanya. “Tetapi saya jamin kawasan air terjun aman. Jadi, pengunjung akan nyaman kalau berwisata,”katanya.

Keberadaan air terjun curup lemutu menurut Rahmat, dapat meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar.

Masih dikatakan Rahmat, di Kecamatan Tanjung Agung terdapat air terjun yang berada di  Desa Bedegung, Desa Tanjung Agung, Muara Enim, Desa Seleman, Tanjung Bulan.

1 komentar: