Jumat, 19 Februari 2016

Gunung Sumbing -Jawa Tengah

Gunung Sumbing adalah gunung api yang terdapat di Pulau Jawa, Indonesia. Tegak setinggi 3.371 meter dari permukaan laut, gunung ini terletak di tiga kabupaten Jawa Tengah, yaitu Kabupaten Magelang, Temanggung, dan Wonosobo. Bersama-sama dengan Gunung Sindoro, Gunung Sumbing membentuk bentang alam gunung kembar, seperti Gunung Merapi dan Gunung Merbabu, apabila dilihat dari arah Temanggung. Celah antara gunung ini dan Gunung Sindoro dilalui oleh jalan provinsi yang menghubungkan kota Temanggung dan kota Wonosobo. Jalan ini biasa dijuluki sebagai ""Kledung Pass".

Tidak diketahui pasti kapan gunung ini meletus, tetapi di puncaknya terdapat kawah yang masih aktif.

Gunung Sumbing mempunyai kawasan hutan Dipterokarp Bukit, hutan Dipterokarp Atas, hutan Montane, dan Hutan Ericaceous atau hutan gunung. Sebagian besar wilayah kereng gunung ini telah digunakan untuk lahan pertanian.
Jalur Pendakian

Jalur pendakian gunung Sumbing via Garung adalah jalur pendakian paling favorit bagi para pendaki. Garung adalah sebuah nama desa di kaki gunung Sumbing bagian utara. Dekat dengan desa Garung tersebut atau berseberangan, para pendaki bisa menemui basecamp untuk pendakian gunung Sindoro.

Letak gunung Sumbing dan gunung Sindoro saling berhadapan. Banyak disebut oleh masyarakat bahwa gunung Sumbing-Sindoro adalah gunung kembar layaknya gunung Merapi-Merbabu. Tinggi yang tidak jauh berbeda, dan juga kondisi alam gunung yang juga hampir sama. Namun bagi para pendaki yang sudah naik dua-duanya mereka lebih bilang kalau gunung. Sumbing treknya lebih berat ketimbang gunung Sindoro. Tapi kedua-duanya sama-sama indah sekali pemandangannya.

Sumber : link

Tidak ada komentar:

Posting Komentar