Minggu, 21 Februari 2016

Resep dan Tips Keripik Singkong Balado

Resep dan Tips Keripik Singkong Balado

Bahan Dasar:
1 kg singkong
2 Sendok teh kapur sirih (larutkan dalam segelas besar air/300 ml)


Bahan Bumbu Balado:
Bawang putih, 8 siung
Cabai merah,150 gram.
2 sdm gula pasir.
1 1/2 sdt garam.
Minyak goreng secukupnya untuk menumis.

Cara Membuat Keripik Singkong Balado:
Proses Awal Pengolahan Singkong.

1. Kupas kulit singkong terlebih dahulu lalu cuci sampai bersih
2. Iris tipis singkong dengan menggunakan alat pengiris agar memiliki ketebalan yang sama
3. Rendam irisan singkong ke dalam air yang sudah diberi campuran garam dan air hasil rendaman kapur sirih sekitar 10 - 15 menit.
4. Angkat dan bersihkan, lalu rendam kembali dalam air (tanpa campuran apapun) sekitar 10 - 15 menit
5. Angkat kembali dan keringkan dengan cara diangin-anginkan (jangan terkena sinar matahari)
6. Seteah irisan singkong benar-benar kering, Goreng irisan singkong tadi menggunakan minyak yang banyak dan api yang sedang. (untuk hasil yang maksimal, gunakan cara menggoreng seperti yang tertulis dalam Tips membuat kripik singkong renyah, yang saya tulis dibagian akhir artikel ini)
7. Goreng sampai matang dan kekuning-kuningan. Kemudian angkat dan tiriskan

Proses Kedua Pembuatan Bumbu Balado :

1. Kupas cabai merah lalu buang semua bijinya
2. Haluskan bawang putih dan cabai merah
3. Tumis bumbu yang sudah dihaluskan tadi sampai tercium aroma harum dan sedikit mengering
4. masukkan gula dan garam. dan Aduk sampai rata.

Proses Ketiga Akhir :

1. Setelah bumbu bercampur rata, angkat wajan dari atas api
2. Segera masukkan keripik singkong dan aduk hingga semua bumbu balado tercampur  dan menempel di permukaan keripik singkong.
3. Biarkan sampai kering dan tidak lengket
4. Setelah kering keripik singkong balado siap disajikan.

Tips Membuat Keripik Singkong Balado Super Renyah

1. Pilihlah Singkong yang masih muda dan jangan memilih yang terlalu tua, cukup yang berumur 3 bulan kebawah agar keripik tidak keras dan hasilnya renyah.
2. Pilihannya singkong yang masih segar. dengan ciri-ciri: tanah masih menempel pada kulitnya, pada bagian pangkal umbi masih terlihat putih dan tidak ada garis-garis biru kehitaman. Hindari membeli umbi singkong yang berkulit kusam, layu, pada pangkal sudah terlihat biru kehitam-hitaman
3. agar Keripik Singkong menjadi renyah, rendamlah terlebih dahulu dalam air yang sudah diberi campuran garam dan air hasil rendaman kapur sirih sekitar 10 - 15 menit. lalu angkat dan bersihkan, kemudian rendam kembali dalam air (tanpa campuran apapun) sekitar 10 - 15 menit
4. Selain itu, bisa juga dengan merendam irisan singkong dengan air panas, lalu campur dengan soda kue (1 sdt per liter air). Kemudian biarkan hingga air menjadi dingin.
5. Singkong yang sudah direndam, angkat dan keringkan, dengan cara meng-angin-anginkannya tanpa terkena sinar matahari langsung.
6. Dalam hal menggoreng, dianjurkan menggunakan dua penggorengan. Penggorengan yang pertama berisi minyak dengan suhu sedang untuk menggoreng singkong setengah matang. Sedangkan penggorengan kedua berisi minyak dengan suhu yang sangat panas (maksimal). digunakan untuk menggoreng kembali irisan singkong hingga matang.
7. Agar keripik singkong dapat tahan lama, tiriskan keripik singkong yang sudah di goreng. Tujuannya agar minyak hilang, karena minyak yang masih menempel akan membuat keripik mudah lembek dan tidak renyah lagi. Setelah itu baru disimpan di dalam toples atau wadah. Seperti itulah tips mudah cara membuat keripik singkong.

Sumber klik di sini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar