Jumat, 19 Februari 2016

Pantai Ulee Lheue - Aceh



Sebagimana namanya disebut, Pantai Cermin di Ulee Lheue merupakan pantai yang memiliki air yang sangat tenang. Layaknya laut, ada masa ketika air menjadi berbuih dan berombak, tetapi ketika air laut sedang tenang, permukannya terlihat sangat cemerlang sehingga mampu memantulkan langit dan awan serta cakrawala di seberang jauh. Ketenangannya disebabkan karena bentuk daratan yang mengepung pantai, atau berupa sebuah teluk. Bentuk tersebut juga menjadi daya tarik sendiri kepada banyak wisatawan yang berkunjung ke sini. Tentunya pantai ini memiliki daratan yang landai dan aman untuk anak-anak bermain tanpa pengawasan terlalu ketat.

Seperti yang ditawarkan dari berbagai macam tempat wisata berupa pantai yang lainnya, Pantai Cermin menawarkan pemandangan yang sangat indah. Anda bisa melihat sunrise dan sunset jika anda memilih spot yang tepat. Anda bisa dengan jelas melihat perbukitan di bagian selatan dari pantai, dan jauh di tengah laut- terdapat pulau-pulau kecil nan menghijau.

Pantai Cermin Ulee Lheue - Aceh

Pantai ini bukan tidak memiliki cerita sendiri. Pantai ini adalah pantai yang melahirkan Tsunami Aceh beberapa tahun silam. Hampir seluruh Ulee Lheue tertelan ombak yang tinggi. Sekarang, anda bisa menemukan tanggul untuk menghalangi laju ombak jika laut sedang tidak tenang. Warga pun masih agak trauma untuk tinggal di dekat pantai Cermin Ulee Lheue. Hal ini menjadikan Pantai Cermin seakan terlahir kembali menjadi pantai yang perawan. Tanggul tersebut sebenarnya tidak mengganggu pemandangan sama sekali. Malah, anda harus berterima kasih dengan adanya tanggul, pantai menjadi lebih tenang dan airnyaa semakin  reflektif.

Anda bisa menemukan pelabuhan yang menghubungkan Aceh dengan Pulau Weh, tempat kota terbarat di Indonesia berada, yaitu Sabang. Ada jalan yang menghubungkan kampung dengan pelabuhan. Ketika malam hari, anda bisa dengan jelas melihat lampu yang terang benderang, dan pemandangan itu dipantulkan oleh air, sungguh menakjubkan. Jika anda berniat untuk pergi ke Pulau Weh, anda bisa membeli jasa perahu ferry seharga Rp 50.000 rupiah saja.

Pantai Cermin Ulee Lheue - Aceh


Tak hanya bermain air, berjemur, dan menjelajah pantai saja, ada berbagai kegiatan seru yang bisa anda lakukan untuk menghibur hati anda. Anda bisa memancing dengan menyewa alat pancing atau anda bahkan bisa membawa alat pancing sendiri dari rumah. Anda bisa menyewa pula perahu untuk anda bawa ke tengah pantai untuk memancing atau anda bisa memancing di gugusan karang yang tersebar di sebagian pantai. Anda bisa memancing ikan kerapu atau rambe yang merupakan ikan karang. Bayangkan saja, anda bisa memancing di atas permukaan sebuah cermin, pengalaman yang menyenangkan ya.

Jika anda penyuka sejarah dan budaya religi, anda bisa menyaksikan berdirinya Masjid Baiturrahim Ulee Lheue. Masjid ini memiliki sejarah yang terbentang hingga pada abad ke-17. Pada saat itu, Masjid yang terletak sangat dekat dengan pantai Cermin ini dibangun oleh Sultan Aceh. Sayangnya akibat tekanan dari pemerintahan Hindia Belanda, masjid harus dibakar pada tahun 1873. Karena masih dibuat dari kayu, masjid jadi mudah direnovasi kembali. Namun karena lapuk, pada 1922, pemerintahan Hindia Belanda membangunnya dengan material permanen dengan gaya arsitektur eropa yang sangat indah. Gempa pada 1983 merubuhkan kubah masjid. Masjid kembali diperbarui. Ketika masjid ditelan oleh gelombang tsunami, hanya sedikit saja kerusakan yang terjadi. Sejak 2004, masjid ini menjadi simbol kebangkitan Aceh dan simbol kekuasaan Tuhan. Nilai spiritual, arsitektur, sejarah, dan religi, kental terasa di sini.

Ulee Lheue terletak hanya dari 3 Km dari Banda Aceh. Anda bisa menemukan banyak hotel dan penginapan di sekitar sini. Bahkan mungkin anda bisa menemukan resort pantai yang bagus. Jika anda ingin berkunjung ke Ulee Lheue lebih baik anda tidak berharap untuk melakukan Partying atau mendapatkan Beer, Wine, atau minuman sejenis, karena Aceh melarang peredaran minuman keras. Pastikan juga anda tidak mengenakan pakaian yang terlalu terbuka di tempat umum, anda mungkin bisa ditahan oleh polisi. Untuk transportasi, ada banyak jenis yang bisa anda gunakan. Anda bisa menggunakan becak bermotor, labi-labi atau angkutan umum berupa mobil, atau bahkan taksi, jika anda ingin sedikit privasi dan kenyamanan.

Sumber : link

Tidak ada komentar:

Posting Komentar